1 Tawarikh 11:1
Konteks1 Tawarikh 11:10
Konteks1 Tawarikh 12:38
Konteks12:38 Sekaliannya itu, prajurit-prajurit, orang-orang dalam barisan tempur, datang ke Hebron dengan tulus hati untuk mengangkat Daud menjadi raja atas seluruh Israel; n memang juga seluruh orang Israel yang lain dengan bulat hati hendak mengangkat Daud menjadi raja.
1 Tawarikh 14:8
Konteks1 Tawarikh 15:3
Konteks15:3 Kemudian Daud mengumpulkan segenap Israel a ke Yerusalem untuk mengangkut tabut TUHAN ke tempat yang telah disiapkannya untuk itu.
1 Tawarikh 15:28
Konteks15:28 Seluruh orang Israel a mengangkut tabut perjanjian TUHAN itu dengan diiringi sorak b dan bunyi sangkakala, nafiri c dan ceracap, sambil memperdengarkan permainan gambus dan kecapi.
1 Tawarikh 18:14
Konteks1 Tawarikh 19:17
Konteks19:17 Setelah hal itu diberitahukan kepada Daud, maka dikumpulkannya seluruh orang Israel, q diseberanginya sungai Yordan, lalu sampai ke dekat mereka, dan diaturnya barisannya melawan mereka. Ketika Daud mengatur barisannya berhadapan dengan orang Aram itu untuk berperang, maka mereka bertempur melawan dia,
1 Tawarikh 21:5
Konteks21:5 Lalu Yoab memberitahukan kepada Daud hasil pendaftaran rakyat. Di antara seluruh orang Israel b ada sejuta seratus ribu orang yang dapat memegang pedang, dan orang Yehuda ada empat ratus tujuh puluh ribu orang yang dapat memegang pedang.
1 Tawarikh 28:4
Konteks28:4 Namun TUHAN, Allah Israel, telah memilih aku a dari antara segenap puakku b untuk menjadi raja atas Israel selama-lamanya; sebab Ia telah memilih Yehuda c menjadi pemimpin, dan puakku dari antara kaum Yehuda, dan dari antara anak-anak ayahku Ia berkenan kepadaku untuk mengangkat aku sebagai raja atas seluruh Israel. d
1 Tawarikh 28:8
Konteks28:8 Maka sekarang, di depan mata seluruh Israel, k jemaah TUHAN, dan dengan didengar Allah kita, aku berkata kepadamu: Peliharalah dan tuntutlah segala perintah l TUHAN 3 , Allahmu, supaya kamu tetap menduduki negeri yang baik ini dan mewariskannya sampai selama-lamanya m kepada anak-anakmu yang kemudian.
1 Tawarikh 28:1
Konteks1 Tawarikh 29:21
Konteks29:21 Keesokan harinya mereka mempersembahkan korban sembelihan dan korban bakaran kepada TUHAN, j yakni seribu ekor lembu, seribu ekor domba jantan dan seribu ekor domba muda, dengan korban-korban curahannya dan sangat banyak korban sembelihan demi seluruh Israel. k
1 Tawarikh 29:23
Konteks29:23 Kemudian duduklah n Salomo sebagai raja menggantikan Daud, ayahnya, di atas takhta o yang ditetapkan TUHAN; ia mendapat kemujuran, sehingga setiap orang Israel mendengarkan perkataannya.
1 Tawarikh 29:2
Konteks29:2 Dengan segenap kemampuan aku telah mengadakan persediaan untuk rumah Allahku, yakni emas j untuk barang-barang emas, perak untuk barang-barang perak, tembaga untuk barang-barang tembaga, besi untuk barang-barang besi, dan kayu untuk barang-barang kayu, batu permata syoham dan permata tatahan, batu hitam k dan batu permata yang berwarna-warna, dan segala macam batu mahal-mahal dan sangat banyak l pualam.
1 Tawarikh 1:2
Konteks1:2 Kenan, b Mahalaleel, c Yared, d
1 Tawarikh 5:3
Konteks5:3 Anak-anak Ruben, d anak sulung Israel, ialah Henokh, Palu, e Hezron f dan Karmi.
1 Tawarikh 7:8
Konteks7:8 Anak-anak Bekher ialah Zemira, Yoas, Eliezer, Elyoenai, Omri, Yeremot, Abia, Anatot dan Alemet; sekaliannya itu ialah anak-anak Bekher.
1 Tawarikh 10:3
Konteks10:3 Kemudian makin beratlah pertempuran itu bagi Saul; para pemanah menjumpainya dan melukainya.
1 Tawarikh 10:1
Konteks1 Tawarikh 12:1
Konteks1 Tawarikh 13:4
Konteks13:4 Maka seluruh jemaah itu berkata, bahwa mereka akan berbuat demikian, sebab usul itu dianggap baik oleh segenap bangsa itu.
1 Tawarikh 13:1
Konteks1 Tawarikh 18:16
Konteks18:16 Zadok h bin Ahitub dan Ahimelekh i bin Abyatar menjadi imam; Sausa menjadi panitera;
Nas : 1Taw 11:1
Pasal 1Taw 11:1-47 memulai kisah Daud; pasal 2Sam 2:1-5:25 mengisahkan secara lebih terinci bagaimana Daud menjadi raja atas Yehuda dan kemudian atas seluruh Israel.
- 1) Perbandingan dengan kisah-kisah paralel dalam 2 Samuel menunjukkan dengan jelas bahwa penulis Tawarikh melewati kebanyakan dari kesulitan yang dihadapi Daud, termasuk kegagalan moral pribadinya dan rasa malunya (pasal 2Sam 1:1-4:12; 11:1-21:22). Tidak mencantumkan hal-hal itu selaras dengan maksud ganda penulis kitab ini:
- (a) untuk menekankan peristiwa-peristiwa bersejarah yang penting bagi maksud Allah dalam sejarah penebusan, dan
- (b) untuk memberikan semangat kepada masyarakat pasca-pembuangan yang kecil hati yang hendak menetap kembali di tanah air mereka.
- 2) Maksud yang sama tercermin dalam fokus penulis pada pembangunan bait suci oleh Salomo, tetapi tidak mencantumkan kemurtadan dan penyembahan berhala Salomo sebagaimana dibahas dalam pasal 1Raj 11:1-43.
[11:1] 2 Full Life : BERKUMPULLAH SELURUH ISRAEL.
Nas : 1Taw 11:1
Tujuh tahun pertama dalam pemerintahan Daud sebagai raja di Hebron atas dua suku dianggap sudah diketahui tetapi tidak diuraikan. Kisahnya dimulai dengan Daud menjadi raja atas seluruh Israel.
[28:8] 3 Full Life : PELIHARALAH DAN TUNTUTLAH SEGALA PERINTAH TUHAN.
Nas : 1Taw 28:8
Syarat untuk mendirikan kerajaan Salomo ialah hidup yang taat dan setia kepada Allah. Pada mulanya Salomo memperhatikan nasihat ayahnya, tetapi kemudian dia meninggalkan Allah
(lihat cat. --> 1Raj 2:4;
lihat cat. --> 1Raj 11:1).
[atau ref. 1Raj 2:4; 1Raj 11:1]
[10:1] 4 Full Life : ORANG FILISTIN BERPERANG MELAWAN ORANG ISRAEL.
Nas : 1Taw 10:1
Dengan pasal 1Taw 10:1-14 penulis mulai dengan suatu rangkuman sejarah masa lampau Israel, bertolak dari zaman kerajaan. Dalam pasal ini ia menyatakan alasan penolakan Saul dan pengalihan kerajaan kepada Daud (ayat 1Taw 10:13-14). Peristiwa-peristiwa selanjutnya dalam kitab ini membahas sejarah Daud dan makna abadi dari pemerintahannya.